Rabu, 07 Februari 2018

Ingrediants

1 . Rosemary

Bunga rosemary atau rosmari merupakan tanaman yang sering kita dengar sebagai tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit. Bunga rosemary sering digunakan untuk bahan pembuat teh dan bahan campuran pembuatan makanan dan seringkali digunakan untuk sambal BBQ. Bunga yang memiliki nama ilmiah Rosemarynus Officinalis ini menurut sejarah berasal dari Eropa. Makna bunga rosemary ini dalam hubungan percintaan memilki makna bahwa seseorang memilki memori yang begitu kuat dan tak akan terlupakan. Bentuk bunga rosemary berwarna ungu pucat hingga biru gelap. Tanaman famili lamiaceae ini perlu cukup air dan sinar matahari. 


Bentuk daunnya sangat sempit, oval kecil, berujung runcing, dengan warna hijau gelap di atasnya dan keabuan di bawah daun.  Bunga ini dapat tumbuh 1,5-2 m. Habitat bunga rosemary ini daerah pengunungan yang berhawa sejuk dan kering.

Klasifikasi Bunga Rosemary :

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Lamiales
Famili: Lamiaceae
Genus: Rosmarinus
Spesies: Rosmarinus officinalis L.

Kandungan Bunga Sosemary :

Chineol
Minyak atsiri,
Borneol
Therein
Champor
Bornyl asetat
Minyak esensial.
Zat besi
Carsonic
Kalsium
Vitamin B6
Manfaat dan Khasiat Bunga Rosemary :
Meningkatkan daya ingat memori otak
Mengandung zat antioksidan yang tinggi untuk mengobati kanker
Memelihara kulit kepala, meningkatkan pertumbuhan rambut tampil lembut dan mengkilap
Menghilangkan Kerut menjadi Kulit Kencang
Mencegah Noda, Jerawat dan Komedo
Membantu mengurangi pengaruh buruk akibat pilek & flu.
Pembersih perabot Rumah Tangga

Catatan :

Rosemary tidak memiliki efek samping tetapi banyak dokter menyarankan agar ibu hamil harus menghindari konsumsi dalam jumlah besar. Hal ini dapat menyebabkan kontraksi rahim dan dalam kasus yang jarang, bahkan keguguran. Hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan pada tingkat tekanan darah, sehingga orang-orang dengan tekanan darah tinggi harus menghindarinya.

2 .LADA ATAU MERICA



 Lada, disebut juga Merica/Sahang, yang mempunyai nama Latin Piper Albi Linnadalah sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga patiTanaman ini sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu. Pada umumnya orang-orang hanya mengenal lada putih dan lada hitam yang mana sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Tanaman ini merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia dan lebih dari 80% hasil lada Indonesia diekspor ke negara luar. Selain itu, lada mempunyai sebutan The King of Spice (Raja Rempah-Rempah) yang mana kebutuhan lada di dunia tahun 2000 mencapai 280.000 ton. Lada adalah salah satu tanaman yang berkembang biak dengan biji, namun banyak para petani lebih memilih melakukan penyetekkan untuk mengembangkannya. Mereka memotong batangnya kira-kira dengan panjang 0,25-0,5 meter.

NUTRIENT CONTENT


         Kandungan nutrisi yang terdapat pada lada meliputi: Vitamin K, Vitamin B1, B2, B3, Vitamin E, Serat, Kalsium, Besi, Kalium, Manggan, Magnesium, Seng. 


FUNGSI

          Lada adalah salah satu bumbu dapur dalam masakan dan masuk kedalam biji-bijian. Lada yang berbentuk bulat kecil ini memiliki rasa yang pedas, pahit, dan juga hangat. Lada yang sering digunakan untuk memasak adalah lada yang berwarna putih. Tekstur dari lada ini yaitu kasar dan keras sehingga jika ingin dihaluskan butuh bantuan food processor ataupun dengan cara tradisional seperti diulek hingga halus. Lada ini biasanya menjadi bumbu dapur agar masakan menjadi sedikit lebih pedas dan memberikan efek hangat pada tubuh. Lada juga ada yang berwarna hitam atau disebut dengan lada hitam. Lada hitam ini biasanya lebih sering digunakan untuk masakan Itali ataupun masakan internasional. Rasa dari lada hitam ini lebih pedas dan hangat daripada lada putih. Masakan yang menggunakan lada biasanya bubur ayam, sayur sup, kuah bakso, dan tumisan.
KARAKTER

        Lada merupakan tanaman yang tumbuh merambat pada sebuah tajar yang mati atau hidup. Tanaman lada dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis dengan temperatur optimum 23°C sampai 30°C dan curah hujan sebesar 2000 hingga 2500 mm per tahun yang merata sepanjang tahun. Tanaman ini sangat baik ditanam pada lahan yang agak miring, subur secara fisik dan ekonomi dan dengan drainase yang baik serta mendapat sinar matahari yang cukup. 

3 . WORTEL

Wortel yang memiliki nama latin Daucus carota adalah tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun. Terutama di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab, kurang lebih pada ketinggian 1200 ineter di atas permukaan laut. Tumbuhan wortel mernbutuhkan sinar matahari dan dapat turnbuh pada sernua musim. Wortel mempunyai batang daun basah yang berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar), mirip daun seledri. Wortel menyukai tanah yang gembur dan subur.

KANDUNGAN PADA WORTEL
  • Vitamin A 12000 SI
  • kalori 42 kalori
  • protein 1,2 gram
  • lemak 0,3 gram
  • hidrat arang 9,3 gram
  • kalsium 39 miligram
  • fosfor 37 miligram
  • zat besi 0,8 miligram
  • vitamin B 1 0,06 miligram
  • vitamin C 6 miligram


JENIS-JENIS WORTEL

Menurut para botanis, wortel (Daucus carota) dapat dibedakan atas beberapa jenis, di antaranya:
– jenis imperator, yakni wortel yang memiliki umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis.
– jenis chantenang, yakni wortel yang memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasanya manis. 
– jenis mantes, yakni wortel hasil kornbinasi dari jenis wortel imperator dan chantenang. Umbi akar wortel berwarna khas oranye.

MANFAAT DAN KEGUNAAN
Wortel tidak hanya digunakan sebagai sayuran untuk memasak. Tapi juga wortel dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini manfaat wortel untuk kesehatan serta cara pemakaiannya:
1. Kejang Jantung
Bahan: umbi wortel, 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren;
Cara membuat: wortel diparut dan diperas dengan 2 gelas air, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata;
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
2. Eksim
a. Bahan: 1 umbi wortel dan 1 sendok teh kapur sirih;
Cara membuat: wortel diparut dan dicarnpur dengan kapur sirih sampai merata;
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian yang sakit dan dibalut dengan verban.
b. Bahan: 3 umbi wortel;
Cara membuat: diparut dan disedu dengan 2 gelas air masak;
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.
3. Cacing Kremi
Bahan: 5-7 umbi wortel, garam dan santan kelapa secukupnya;
Cara membuat: wortel diparut, kemudian ditambah dengan bahan lainnya;
Cara menggunakan: diperas dan disaring, kemudian diminum menjelang tidur malam.
4. Mata Minus
Bahan: umbi wortel secukupnya;
Cara membuat: diparut dan diperas untuk diambil airnya;
Cara menggunakan: diminurn setiap pagi hari secara teratur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Utensil

strainer digunakan untuk menyaring ampas dari kuah atau stock terbut dari stenlist steel cara membersihkan; cuci dengan sabun dan keri...